Kamis, 23 September 2010

Handshaking

Handshaking yaitu sesi komunikasi data yang berlangsung dari mulai perencanaan komunikasi sampai dengan komunikasi tersebut selesai. Proses ini diawali proses prakomunikasi, yaitu proses pencarian host tujuan (destination) oleh host yang bertindak sebagai pengirim. Proses ini diakhiri dengan kesepakatan antara kedua belah pihak untuk melaksanakan pertukaran data (connection establish), yaitu proses pengiriman informasi berupa request dan tanggapan antara kedua belah pihak. 




Dua proses awal ini dapat disebut proses pembentukan koneksi. Artinya, untuk melakukan komunikasi, perangkat yang dituju harus menerima koneksi awalan terelbih dahulusebelum mengirimkan data atau menerima data.

Proses yang dilakukan sebelum pengiriman data terdiri atas :

1.      - Pengirim (sender) mengirimkan sinyal sinkronasi (SYN) terlebih dulu ke tujuan.
2.      - Penerima akan membalas sinyal SYN dengan Negotiate Connection.
3.      - Penerima mengirimkan SYN ulang, apa benar pengirim akan mengirimkan data.
4.     - Pengirim akan membalas dengan sinya Acknowledge (ACK), artinya sudah siap untuk mengirimkan data sampai saat ini. Prosesnya telah mencapai status Connection Establish.
5.      - Kemudian segment data dikirim.
- Proses terakhir adalah ketika terjadi pengiriman kode BYE atau FIN ACK atau CLOSED atau kode lainnya bergantung aplikasi komunikasi yang digunakan.

analisa hasil praktek

Pertama-tama, buka aplikasi  Wireshark. Jika anda belum meng-install-nya, lakukan dahulu proses penginstalan.

 
Kemudian, akan muncul tampilan di bawah ini. Lalu, klik "Interfaces List".


Lalu akan muncul window baru. Klik "start" pada interface yang akan di-capture.

Kemudian, jalankan aplikasi internet browser, dan masuklah kepada salah satu situs web (misal : http://www.google.co.id/). Setelah browser menunjukkan tidak sedang melakukan loading (dalam Mozolla Firefox biasanya bertuliskan "Done"), hentikan proses capture dengan mengklik tombol "Stop" pada bagian toolbar. Setelah itu, akan muncul hasil capturenya. Berikut merupakan contoh dari hasil analisanya.

 Hasil Analisa :
41 – 43 (! 42)
Opening
42 – 47 (! 43)
Negotiation
48 – 72 (! 62 – 71)
GET/ HTTP
62 – 80 (! 68, 70, 75, 76)
GET/ _icon
84 – 117
GET/ rsrc.php
118
Closing
Tabel A

41 – 43 (! 42)
Opening
42 – 47 (! 43)
Negotiation
48 – 117 (! 68, 70, 75, 76)
Connection Establish
118
Closing
Tabel B

Dari hasil analisis di atas terlihat di tabel 1.0 merupakan proses yang lebih detail dalam proses handshaking yang ditunjukan gambar 1.0, sedangkan tabel 1.1 merupakan proses yang umum dari keseluruhan gambar 1.0. dari proses di atas kita bisa ketahui bahwa ini merupakan proses three-way handshaking. Hal ini bisa dibuktikan adanya tiga kali persetujuan antara perangkat komunikasi yaitu opening, negotiation dan closing. Disini connection establish merupakan proses utama dan bukan persetujuan atau kesepakatan antar perangkat komunikasi.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa Proses handshaking bisa dikatakan sudah masuk Connection Establish bilamana sudah ada kode GET/ dari host penerima ke pengirim. Merupakan tanda pertukaran data awal dalam proses Connection Establish. Proses handshaking dalam aplikasi throughput tidak selalu berurutan dalam suatu proses GET/ bisa saja ada 2 kali proses GET/ dalam satu waktu sehingga menyebabkan hasil capture bergantian antara GET/ yang satu dengan yang lainnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih gan udah ngeposting ginian , ngebantu saya banget :D

Posting Komentar